Retina atau Selaput Jala

ANATOMI MATA

Retina atau Selaput Jala

Retina adalah selembar tipis jaringan saraf yang semitransparan, berlapis-lapis yangmelapisi bagian dalam dua per tiga posterior dinding bola mata. Retina membentang ke depanhampir sama jauhnya dengan korpus siliaris, dan berakhir di tepi ora serrata. Pada orang dewasa,ora serrata berada sekitar 6,5 mm di belakang garis Schwalbe pada sisi temporal dan 5,7 mm dibelakang garis ini pada sisi nasal. Permukaan luar retina sensorik bertumpuk dengan lapisan epitel berpigmen retina sehingga juga bertumbuk dengan membrane Bruch, koroid dan sklera.Retina dan epitelium pigmen retina mudah terpisah sehingga cairan vitreous masuk ke ruangsubretina, seperti yang terjadi pada ablasio retina. Tetapi pada diskus optikus dan ora serrata,retina dan epitelium pigmen retina saling melekat kuat sehingga membatasi perluasan cairansubretina pada ablasio retina. Hal ini berlawanan dengan ruang subkhoroid yang dapat terbentuk antara khoroid dan sklera yang meluas ke taji sklera. Dengan demikian ablasi koroid meluasmelewati ora serrata, dibawah pars plana dan pars plikata.

Lapisan – lapisan epitel permukaandalam korpus siliare dan permukaan posterior iris merupakan perluasan ke anterior retina dan epitelium pigmen retina. Permukaan dalam retina menghadap ke vitreous.

1. Epitelium pigmen retina
Merupakan lapisan terluar dari retina. Epitel pigmen retina terdiri dari satu lapisan selmengandung pigmen dan terdiri atas sel-sel silindris dengan inti di basal. Daerah basal selmelekat erat membran Bruch dari koroid. Fotoreseptor dipelihara oleh epitel pigmen retina,yang berperan pada proses penglihatan. Epitel pigmen ini bertanggung jawab untuk fagositosissegmen luar fotoreseptor, transportasi vitamin, mengurangi hamburan sinar, serta membentuk sawar selektif antara koroid dan retina.

2. Lapisan fotoreseptor segmen dalam dan luar batang dan kerucut. Sel-sel batang dan kerucut di lapisan fotoreseptor mengubah rangsangan cahaya menjadisuatu impuls saraf yang dihantarkan oleh jaras-jaras penglihatan ke korteks penglihatan occipital.Fotoreseptor tersusun sehingga kerapatan sel-sel kerucut meningkat di di pusat makula (fovea),dan kerapatan sel batang lebih tinggi di perifer. Pigmen fotosensitif di dalam sel batang disebutrodopsin. Sel kerucut mengandung tiga pigmen yang belum dikenali sepenuhnya yang disebutiodopsin yang kemungkinan menjadi dasar kimiawi bagi tiga warna (merah,hijau,biru) untuk penglihatan warna. Sel kerucut berfungsi untuk penglihatan siang hari (fotopik). Subgrup selkerucut responsif terhadap panjang gelombang pendek, menengah, dan panjang (biru, hijaumerah). Sel batang berfungsi untuk penglihatan malam (skotopik). Dengan bentuk penglihatanadaptasi gelap ini terlihat beragam corak abu-abu, tetapi warnanya tidak dapat dibedakan. Waktusenja (mesopik) diperantarai oleh kombinasi sel kerucut dan batang.

3. Membran limitans eksterna.

4. Lapisan inti luar sel fotoreseptor, Ini terdiri dari inti dari batang dan kerucut.

5. Lapisan pleksiformis luar, yang mengandung sambungan-sambungan sel bipolar dan selhorisontal dengan fotoreseptor.

6. Lapisan inti dalam badan sel bipolar, amakrin dan sel horisontal.

7. Lapisan pleksiformis dalam, yang mengandung sambungan-sambungan sel ganglion dengansel amakrin dan sel bipolar.
8. Lapisan sel ganglion.

9. Lapisan serat saraf, yang mengandung akson-akson sel ganglion yang berjalan menuju kenervus optikus.

10. Membrana limitans interna.

Ini adalah lapisan paling dalam dan memisahkan retina darivitreous. Membran ini terbentuk oleh persatuan ekspansi terminal dari serat yang Muller, danpada dasarnya adalah dasar membran.
Retina mempunyai tebal 0,1 mm pada ora serrata dan 0,23 mm pada kutub posterior. Ditengah-tengah retina posterior terdapat makula. Secara klinis makula dapat didefinisikansebagai daerah pigmentasi kekuningan yang disebabkan oleh pigmen luteal (xantofil) yangberdiameter 5-6 mm. Secara histologis makula merupakan bagian retina yang lapisanganglionnya mempunyai lebih dari satu lapis sel. Secara klinis, makula adalah bagian yangdibatasi oleh arcade-arkade pembuluh darah retina temporal. Di tengah makula sekitar 3,5 mmdi sebelah lateral diskus optikus terdapat fovea yang secara klinis jelas -jelas merupakan suatucekungan yang memberikan pantulan khusus bila dilihat dengan oftalmoskop.

Fovea merupakanzona avaskular di retina pada angiografi fluoresens. Secara histologi, fovea ditandai denganmenipisnya lapisan inti luar dan tidak adanya lapisan – lapisan parenkim karena akson – aksonsel fotoreseptor (lapisan serat Henle) berjalan oblik dan pergeseran secara sentrifugal lapisanretina yang lebih dekat ke permukaan dalam retina. Foveola adalah bagian paling tengah pada fovea, disini fotoreseptornya adalah sel kerucut dan bagian retina yang paling tipis. Semuagambaran histologis ini memberikan diskriminasi visual yang halus. Ruang ekstraseluler retinayang normalnya kosong potensial paling besar di makula dan penyakit yang menyebabkanpenumpukan bahan di ekstrasel dapat menyebabkan daerah ini menjadi tebal sekali.

Retina menerima darah dari dua sumber yaitu khoriokapilaria yang berada tepat diluarmembrana Bruch, yang mendarahi sepertiga luar retina termasuk lapisan pleksiformis luar danlapisan inti luar, fotoreseptor, dan lapisan epitel pigmen retina serta cabang-cabang dari arterisentralis retinae yang mendarahi dua pertiga sebelah dalam.

Fovea sepenuhnya diperdarahi oleh khoriokapilaria dan mudah terkena kerusakan yang tak dapat diperbaiki kalau retina mengalamiablasi. Pembuluh darah retina mempunyai lapisan endotel yang tidak berlubang yang membentuk sawar darah retina. Lapisan endotel pembuluh khoroid dapat ditembus. Sawar darah retinasebelah luar terletak setinggi lapisan epitel pigmen retina .

DAFTAR PUSTAKA

  1. Hardy RA, Shetlar DJ. Retina. In: Riordan P, Whitcher JP. editors. Vaughan and Asbury’s General Ophthalmology th ed. New York: McGraw-Hill.2004. p. 190, 200-201.
  2. Ilyas, Sidarta. Ilmu Penyakit Masa edisi ketiga.2010. Fakultas Kedokteran UniversitasIndonesia: Jakarta. p.1-10,.

1 tanggapan pada “Retina atau Selaput Jala”

Tinggalkan Balasan